Pidato Pembina Upacara: Pendidikan Karakter Zaman Now


Atas rekomendasi dari seorang teman kerja, teks ini saya tuang dalam blog ini dan tentunya semoga bermanfaat. :) 

Teks pidato Pembina upacara

Tema: Bagaimana menjadi murid berkarakter zaman now

Sebagai umat yang beragamana, pertama-tama; marilah kita memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan ridhoNya kita bisa melaksanakan Upacara Penaikan Bendera pada pagi hari ini.
Yang saya hormati, Bapak Kepala sekolah; Bapak Drs. Hamdan Matnuar S, MM  beserta dengan bapak wakil kepala sekolah. Yang saya hormati juga, seluruh bapak/ibu rekan guru dan staff pegawai juga adik-adik mahasiswa PPL baik yang dari Universitas Nommensen maupun yang dari USI Pematangsiantar. Dan, yang paling kami cintai dan kami banggakan anak didik kami sekalian, selamat pagi untuk kita sekalian ….
Baik, adapun tema sebagai amanat dan wejangan pagi ini, ibu mengangkat tema: bagaimana menjadi murid berkarakter zaman now.
Judul ini ibu angkat dari pembelajaran pada kurikulum 2013 yang mengacu pada pembentukan karakter. Yakni, sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada diri peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan serta tindakan untuk melakukan nilai tersebut. Jadi mengacu pada pembentukan moral peserta didik. Memiliki karakter yang kuat.  Karakter merupakan mesin yang mendorong bagaimana seseorang bertindak, berucap, bersikap, dan merespon sesuatu.
Judul ini sangat relevan guna mengatasi tindakan-tindakan krisis moral zaman now, khususnya di kalangan pelajar. Misalnya, pergaulan bebas yang semakin tak terkendali, meningkatnya angka kekerasan anak remaja, kejahatan/pembullyan teman, pencurian oleh anak remaja. Bahkan kebiasaan menyontek, membuang sampah sembarangan, kurang bahkan tidak menghargai guru bahkan hilangnya minat belajar karena aplikasi dan game online zaman now.
Untuk menghindari kontaminasi masalah-masalah sosial inilah, kita menilik betapa pentingnya pendidikan karakter. Pendidikan yang berkaitan dengan konsep moral, sikap moral  dan perilaku moral. Artinya, karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik dan melakukan perbuatan kebaikan/ mengedepankan nilai-nilai etika.
            Ada 18 butir nilai-nilai pendidikan karakter, tetapi yang paling utama ada lima yaitu yang dikenal dengan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang terintegrasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas. Dengan menerapkan PPK, diharapkan mampu sebagai bekal peserta didik sebagai generasi emas Indonesia menghadapi era dinamika perubahan masa depan 4.0 tahun 2045 serta mampu mengangkat platform pendidikan berkarakter unggul dengan aspek literasi dasar dan kompetensi abad 21.
            Jadi, sebagai generasi emas, jangan terhanyut oleh zaman now, tetapi kuasai dan kendalikanlah zaman now dengan karakter zaman now—yang  mampu membedakan mana kegiatan yang membangun karakter sebagai pembentukan pribadi, yang kelak semoga mampu mengantarkan anak didik kami sekalian ke gerbang sukses mencapai cita-cita.
            Semua memang tidak segampang membalikkan tangan, tetapi dengan tetap tekun dan bersabar melalui masa-masa sebagai pelajar, ibu yakin kalian bisa! Jadilah manusia yang mandiri! Mau bekerja keras dan kejarlah cita-citamu dan tentunya tetaplah berdoa.
             Demikianlah wejangan ibu di pagi hari yang cerah ini, semoga mampu menjadi acuan dan penyemangat ananda sekalian. Akhir kata, atas perhatiannya ibu sampaikan terima kasih.  



Erlina Siahaan- dari berbagai sumber

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Para pecundang cinta

HOTS